Praktikum
: Manajemen SDM Tanggal:
20 September 2017
Dosen : Rina Susanti SP, MM Kelas : C Praktikum 1
Job Design Pada Cafe Orange
Disusun
Oleh:
1. Alfian
Dharma Kusuma J3J116017
2. Agung
Budhia Noor J3J216324
3. Biiznillah
Noverri Achir J3J116053
4. Muhammad
Ghofur J3J116171
5. Nadya
Safira Andini J3J216311
6. Prita
Pramesti J3J116198
PROGRAM
KEAHLIAN MANAJEMEN AGRIBISNIS
PROGRAM
DIPLOMA
INSTITUT
PERTANIAN BOGOR
2017
KATA PENGANTAR
Puji dan
Syukur kami panjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat limpahan
Rahmat dan Karunia-nya kami dapat menyusun makalah ini dengan baik dan selesai tepat
pada waktunya. Dalam makalah ini kami membahas Job Design pada Cafe Orange.
Makalah ini dimaksudkan untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Manajemen SDM.
Kami menyadari jika dalam menyusun makalah ini masih jauh dari kata
sempurna. Oleh karena itu, kami menerima kritik dan saran dari berbagai pihak
agar dalam penulisan makalah bisa lebih baik. Demikian makalah ini kami susun,
apabila ada kata-kata yang kurang berkenan kami mohon maaf. Terima Kasih.
Bogor, 20 September
2017
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Sumber daya
manusia memegang peranan penting dalam pelaksanaan organisasi, tanpa adanya
manusia maka mesin tidak akan berjalan. Karena, mesin-mesin yang tercanggih pun tidak akan dapat berjalan menghasilkan
kualitas dan kuatitas yang maksimal jika tidak ada dukungan manusia. Begitu
pula dengan keuangan dan informasi jika tidak ada yang menjalankannya maka
tidak akan bermanfaat. Sumber daya manusia menjadi poin penting
dalam organisasi yang ingin berkembang. Untuk menempati suatu posisi pekerjaan
dalam suatu organisasi dibutuhkan kualifikasi serta kompetensi yang jelas,
tanpa adanya kompetensi dan kualifikasi mengenai suatu pekerjaan maka
sesungguhnya pekerjaan tersebut tidak akan ias dikerjakan secara maksimal.
Salah satu faktor yang dibutuhkan agar
sumber daya insani dapat berkerja lebih baik maka dibutuhkannya penempatan
posisi berkerja yang sesuai dengan bidangnya, maka masing-masing karyawan
perusahaan berharap dalam mencapai tujuan berkerja akan lebih mudah.
1.2 Rumusan Masalah
1.
Apa saja job description di Cafe Orange?
2.
Apa saja job specification di Cafe Orange?
3.
Apa saja job simplification di Cafe Orange?
4.
Apa saja job rotation di Cafe Orange?
5.
Apa saja job enlargement di Cafe Orange?
6.
Apa saja job enrichment di Cafe Orange?
7.
Apa saja job characteristics yang memotivasi
pekerja?
8.
Bagaimana mekanisme rekrutmen dan seleksi pada
Cafe Orange?
1.3 Tujuan
1.
Untuk mengetahui apa saja job description di
Cafe Orange.
2.
Untuk mengetahui apa saja job specification di
Cafe Orange.
3.
Untuk mengetahui apa saja job simplification di
Cafe Orange.
4.
Untuk mengetahui apa saja job rotation di Cafe
Oarnge.
5.
Untuk mengetahui apa saja job enlargement di
Cafe Orange.
6.
Untuk mengetahui apa saja job enrichment di Cafe
Orange.
7.
Untuk mengetahui apa saja job characteristic
untuk memotivasi para pekerja.
8.
Untuk mengetahui bagaimana mekanisme rekrutmen
dan seleksi di Cafe Orange.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Job Description
Job
description adalah uraian jabatan/gambaran tugas, fungsi, dan tanggung jawab
dari suatu jabatan. Menurut Stone, 2005 Job description (deskripsi pekerjaan)
atau deskripsi posisi adalah pernyataan tertulis yang menjelaskan mengapa
pekerjaan ada, apa yang dilakukan pemegang pekerjaan sebenarnya, bagaimana
mereka melakukannya dan dalam kondisi apa pekerjaan itu dilakukan.
Pada Orange
Cafe juga terdapat job description untuk memperjelas tugas, fungsi, dan
tanggung jawab setiap posisi. Berikut hasil yang kami dapatkan setelah
melakukan wawancara kepada salah satu pihak Orange Cafe.
·
Waiter
o Fungsi : Untuk memberikan pelayanan dengan sopan dan efisien kepada
para tamu sesuai dengan standard layanan dan prosedur yang sudah ditentukan
oleh manajemen.
o Tanggung jawab :
a.
Menyajikan makanan dan minuman dengan cara
yang efisien dan sopan untuk mendapatkan kepuasan tamu atau pelanggam secara maksimum.
b.
Memastikan kebersihan semua fasilitas.
c.
Mengatur
dan memyajikan makanan dan minuman sesuai dengan fungsi dan arahan.
o
Tugas :
a.
Melakukan persiapan area restoran di
pagi hari.
b.
Memakai seragam yang sudah
ditentukan dalam keadaan bersih dan lengkap.
c.
Membersihkan area restoran dan
memastikan layak untuk memulai operasional.
d.
Melayani tamu dengan baik dan benar,
mulai dari tamu duduk di kursi yang dipilih sampai dengan tamu pulang.
e.
Mematuhi S.O.P yang berlaku.
·
Chef
o Fungsi:
Mengawasi jalannya operasional kitchen
terutama pada saat restoran buka.
o Tanggung Jawab: Bertanggung jawab atas segala sesuatu yang berhubungan
dengan dapur dan area dari restoran. Seperti mengelola dapur dan menyusun menu.
o Tugas:
a.
Melakukan kegiatan persiapan memasak
sesuai dengan kebutuhan restoran.
b.
Memeriksa stock dan kelayakan bahan
baku yang tersedia.
c.
Menjaga kebersihan area dapur.
d.
Membuat makanan sesuai dengan S.O.P
resep yang telah ditentukan.
e.
Melakukan kegiatan tutup restoran
pada malam hari. Termasuk kegiatan kebersihan dan memastikan bahwa semua
alat-alat yang dipakai dikembalikan ke tempatnya.
·
Cashier
o Fungsi:
Melayani dan melakukan perhitungan atas
transaksi yang dilakukan.
o Tanggung jawab:
a.
Bertanggung jawab melakukan
pengecekkan atas jumlah barang pada saat penerimaan barang.
b.
Bertanggung jawab atas pencatatan
semua transaksi.
o
Tugas:
a.
Menghitung uang modal dan kembalian.
b.
Memberikan update sold out item pada
sistem.
c.
Memeriksa ketersediaan kertas
thermal untuk printer dan mesin edc.
d.
Membuat laporan kegiatan transaksi
keuangan restoran.
e.
Menjaga kebersihan area kasir.
·
Barista
o Fungsi:
Untuk menarik perhatian tamu/pelanggan
agar mereka tertarik untuk membeli minuman.
o Tanggung jawab:
a.
Membuat minuman sesuai dengan
standard resep.
b.
Membuat minuman sesuai dengan
orderan pelanggan dengan service procedure yang telah ditetapkan.
o
Tugas:
a.
Melakukan kegiatan buka restoran dan
persiapan membuat minuman.
b.
Memeriksa stcok dan kelayakan bahan
baku.
c.
Membuat minuman sesuai dengan S.O.P
resep yang telah ditentukan.
d.
Menjaga kebersihan area bar.
e.
Melakukan kegiatan tutup restoran
pada malam hari. Termasuk kegiatan kebersihan dan memastikan semua alat
diletakan ke tempat asalnya.
B.
Job Specification.
Job
specificationadalah suatu uraian tertulis tentang latar belakang pendidikan,
pengalaman, kemampuan dan kompetensi atau hal-hal lain yang berhubungan dengan
pekerjaan yang harus dimiliki sebelum mengisi pemegang jabatan/job tertentu.
Pada Orange Cafe memiliki job specification untuk mendapatkan SDM yang
berkualitas. Berikut job specification untuk beberapa jabatan di Orange Cafe:
·
Waiter
o
Pendidikan: Minimal lulusan SMA/SMK
sederajat.
o
Pengalaman: Memiliki pengalaman
bekerja minimal 3 bulan di bidang yang sesuai.
o
Kualifikasi khusus:
a.
Berpenampilan menarik.
b.
Mampu berkomunikasi dengan baik.
c.
Ramah, sopan, dan santun.
·
Chef
o
Pendidikan: Minimal lulusan SMA/SMK
sederjat.
o
Pengalaman: Memiliki pengalaman
bekerja 3 bulan di bidang yang sesuai.
o
Kualifikasi khusus:
a.
Memiliki kemampuan komunikasi yang
baik.
b.
Mampu bekerja sama, disiplin, loyal,
dan jujur.
c.
Memiliki kreativitas dalam hal
palting.
·
Cashier
o
Pendidikan: Minimal lulusan SMA/SMK
sederajat.
o
Pengalaman: Memiliki pengalaman
bekerja minimal 3 bulan di bidang yang sesuai.
o
Kualifikasi khusus:
a.
Menguasai manajemen kas.
b.
Mampu berhitung dengan baik.
c.
Menguasai Ms. Word dan Ms. Excel.
·
Barista
o
Pendidikan: Minimal lulusan SMA/SMK
sederajat.
o
Pengalaman: Memiliki pengalaman
bekerja minimal 3 bulan di bidang yang sesuai.
o
Kualifikasi khusus:
a.
Berpenampilan menarik.
b.
Memiliki kreativitas dalam
menyajikan minuman.
C.
Job Simplification
Job simplification adalah
penentuan standard prosedur kerja dan memperkerjakan karyawan pada tugas-tugas
yang sangat jelas dan spesifik.
D.
Job Rotation
Job rotation adalah memindahkan
pekerjaan seseorang agar memperkaya pengalaman karyawan dan menghindari dari
kebosanan. Di Orange Cafe terdapat job rotation. Biasanya dilakukan ketika
salah satu posisi memerlukan tambahan pekerja. Sebagai contoh kasus ketika ada
pekerja bagian dapur yang keluar, perusahaan membutuhan seseorang yang dapat
menggantikan posisi tersebut. Akhirnya seorang waiter yang memiliki keahlian di
dapur dipindahkan ke posisi chef. Selain itu ada juga yang dirotasi dari waiter
ke bar atau waiter ke kasir.
E.
Job Enlargement
Job enlargement adalah Sebuah teknik desain pekerjaan di
mana jumlah tugas yang berhubungan dengan pekerjaan meningkat (dan pelatihan
yang tepat diberikan) untuk menambah variasi yang lebih besar untuk kegiatan,
sehingga mengurangi kemonotonan pekerja.Perluasan kerja dianggap sebagai metode
restrukturisasi horisontal dalam pekerjaan yang diperbesar dengan menambahkan
tugas-tugas terkait. Perluasan kerja juga dapat mengakibatkan fleksibilitas
tenaga kerja yang lebih besar. Untuk saat itu di Orange Cafe sedang melakukan
job enlargement dimana ada beberapa pekerja yang mempunyai tugas ganda. Seperti
kasir yang mencangkup menjadi waiter atau waiter yang mencangkup menjadi
barista setelah dilakukan pelatihan khusus.
F.
Job Enrichment
Job enrichment adalahmemperluas
rancangan tugas untuk memberi arti lebih dan memberikan kepuasan kerja dengan
cara melibatkan pekerja dengan pekerjaan perencanaan, penyelenggaraan
organisasi dan pengawasan pekerjaan sehingga job enrichment bertujuan untuk
menambah tanggung jawab dalam pengambilan keputusan, menambah hak otonomi dan
wewenang merancang pekerjaan dan memperluas wawasan kerja. Orange Cafe
menerapkan job enrichment. Sebagai contoh seorang waiter menjadi captain
waiter. Captain waiter bertugas untuk membagi jadwal shift dan pembagian waktu
istirahat untuk bawahannya. Dan bertanggung jawab langsung kepada manajer
Orange Cafe.
G.
Job Characteristic
Untuk Memotivasi Pekerja
Karakteristik pekerjaan adalah sebuah
pendekatan dalam merancang pekerjaan yang menunjukkan bagaimana pekerjaan
dideskripsikan ke dalam lima dimensi inti yaitu keanekaragaman keterampilan,
jati diri tugas, tugas yang penting, otonomi dan umpan balik (Robbins dan
Judge, 2007:268). Ada lima ciri-ciri intrinsik pekerjaan yang memperlihatkan
kaitannya dengan kepuasan kerja untuk berbagai macam pekerjaan. Kelima ciri intrinsik
tersebut adalah sebagai berikut.
a.
Keragaman ketrampilan (skill variety)
Banyaknya keterampilan yang diperlukan
untuk melakukan pekerjaan. Makin banyak ragam keterampilan yang digunakan,
makin kurang membosankan pekerjaan. Contoh di cafe orange adalah rotasi
pekerjaan dari kasir ke kitchen, waiter ke bar, atau waiter ke kasir agar
karyawan dapat mengasah kembali keterampilan dalam bekerja dan membuka wawasan
atau pengalaman baru bagi karyawan.
b.
Jati diri Tugas (task identity)
Tingkat sejauh mana penyelesaian
pekerjaan secara keseluruhan dapatdilihat hasilnya dan dapat dikenali sebagai
hasil kinerja seseorang. Tugas yang dirasakan sebagai bagian dari pekerjaan
yang lebih besar dan yang dirasakan tidak merupakan satu kelengkapan tersendiri
menimbulkan rasa tidak puas.
c.
Tugas yang penting (task significance)
Tingkat sejauh mana pekerjaan mempunyai
dampak yang berarti bagi kehidupan orang lain, baik orang tersebut merupakan
rekan sekerja dalam suatu perusahaan yang sama maupun orang lain di lingkungan
sekitar. Jika tugas dirasakan penting dan berarti oleh tenaga kerja, maka ia
cenderung mempunyai kepuasan kerja. Karakteristik ini belum diterapkan oleh
cafe orange
d.
Otonomi
Tingkat kebebasan pemegang kerja, yang
mempunyai pengertian ketidaktergantungan dan keleluasaan yang diperlukan untuk
menjadwalkan pekerjaan dan memutuskan prosedur apa yang akan digunakan untuk
menyelesaikannya. Pekerjaan yang memberi kebebasan, ketidaktergantungan dan
peluang mengambil keputusan akan lebih cepat menimbulkan kepuasan kerja. Karakteristik
ini diterapkan di cafe orange dengan cara kebebasan berbicara bagi pegawai dan
tidak adanya batasan antara manajer dengan karyawan.
e.
Umpan balik
Tingkat kinerja kegiatan kerja dalam
memperoleh informasi tentang keefektifan kegiatannya. Pemberian balikan pada
pekerjaan membantu meningkatkan tingkat kepuasan. Contoh yang diterapkan di
cafe orange adalah dengan memberikan bonus sebesar 10% dari hasil penjualan per
bulan untuk karyawan agar termotivasi untuk bekerja lebih giat dan rajin.
H.
Mekanisme Rekrutmen dan Seleksi
-
Mekanisme Rekrutmen di
Orange Cafe.
1. Mengidnetifikasi
jabatan yang kosong.
Tujuannya untuk
mengetahui jabatan yang kosong dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan pada
cafe orange.
2. Mencari
informasi jabatan melalui analisi jabatan.
Mencari informasi
jabatan yang kosong di cafe orange lalu melihat job description dan job
spessification sebagai landasan persyaratan jabatan.
3. Menentukan
calon yang tepat.
Jika persyaratan
lengkap selanjutnya menentukan tempat calon karyawan yang tepat yang harus
dicari. Calon karyawan bisa melalui dalam prusahaan cafe orange maupun luar
perusahaan cafe orange jika dari dalam maka karyawan yang lama akan
dipromosikan tetapi pada luar perusahaan cafe orange maka akan di lakukan
rekrutmen.
4. Memanggil
calon yang dianggap memenuhi persyaratan jabatan
o Memanggil
calon karyawan cafe orange
o Mengumpulkan
berkas lamaran
o Mengisi
formulir lamaran
o Mengikuti
proses seleksi
5. Menyaring
dan menyeleksi calon karyawan
6. Mulai
bekerja
Seminggu pertama
karyawan bekerja sebagai karyawan tranning, satu minggu setelahnya mereka
diangkat menjadi karyawan tetap.
-
Mekanisme Seleksi
1.
Penerimaan
Seleksi dimulai dengan kunjungan calon karyawan ke
Orange Cafe dan selanjutnya diperiksa berkas-berkas informasi lamaran.
2.
Wawancara
3.
Tes Penerimaan
Tes langsung dilakukan untuk mengetahui apakah calon
pekerja benar-benar terampil dalam bidangnya atau tidak.
4.
Keputusan Penerimaan
Ketika karyawan dinyatakan lolos seleksi tidak
langsung menjadi karyawan tetap melainkan menjadi karyawan traning selama seminggu
terlebih dahulu.
5.
Evaluasi
Karyawan traning tersebut akan dievaluasi kinerjanya
selama seminggu. Jika hasilnya memuaskan, akan diangkat menjadi karyawan tetap.
Selain itu, evaluasi juga dilakukan untuk karyawan tetap lainnya untuk
memaksimalkan produktivitas kerja.
No comments:
Post a Comment