Iklan Gaul

Tuesday, October 3, 2017

Makalah Manajemen SDM (Job design Cafe Orange)



Praktikum : Manajemen SDM                                       Tanggal: 20 September 2017
Dosen  : Rina Susanti SP, MM                                                Kelas : C Praktikum 1

Job Design Pada Cafe Orange

Disusun Oleh:
1.      Alfian Dharma Kusuma          J3J116017
2.      Agung Budhia Noor               J3J216324
3.      Biiznillah Noverri Achir          J3J116053
4.      Muhammad Ghofur                J3J116171
5.      Nadya Safira Andini               J3J216311
6.      Prita Pramesti                          J3J116198





Description: Description: Description: logo-ipb.png




PROGRAM KEAHLIAN MANAJEMEN AGRIBISNIS
PROGRAM DIPLOMA
INSTITUT PERTANIAN BOGOR
2017



KATA PENGANTAR

Puji dan Syukur kami panjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-nya kami dapat menyusun makalah ini dengan baik dan selesai tepat pada waktunya. Dalam makalah ini kami membahas Job Design pada Cafe Orange. Makalah ini dimaksudkan untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Manajemen SDM.
Kami menyadari jika dalam menyusun makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kami menerima kritik dan saran dari berbagai pihak agar dalam penulisan makalah bisa lebih baik. Demikian makalah ini kami susun, apabila ada kata-kata yang kurang berkenan kami mohon maaf. Terima Kasih.


Bogor, 20 September 2017









BAB I

PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang

Sumber daya manusia memegang peranan penting dalam pelaksanaan organisasi, tanpa adanya manusia maka mesin tidak akan berjalan. Karena, mesin-mesin yang tercanggih pun tidak akan dapat berjalan menghasilkan kualitas dan kuatitas yang maksimal jika tidak ada dukungan manusia. Begitu pula dengan keuangan dan informasi jika tidak ada yang menjalankannya maka tidak akan bermanfaat.  Sumber daya manusia menjadi poin penting dalam organisasi yang ingin berkembang. Untuk menempati suatu posisi pekerjaan dalam suatu organisasi dibutuhkan kualifikasi serta kompetensi yang jelas, tanpa adanya kompetensi dan kualifikasi mengenai suatu pekerjaan maka sesungguhnya pekerjaan tersebut tidak akan ias dikerjakan secara maksimal.
Salah satu faktor yang dibutuhkan agar sumber daya insani dapat berkerja lebih baik maka dibutuhkannya penempatan posisi berkerja yang sesuai dengan bidangnya, maka masing-masing karyawan perusahaan berharap dalam mencapai tujuan berkerja akan lebih mudah.

1.2         Rumusan Masalah

1.      Apa saja job description di Cafe Orange?
2.      Apa saja job specification di Cafe Orange?
3.      Apa saja job simplification di Cafe Orange?
4.      Apa saja job rotation di Cafe Orange?
5.      Apa saja job enlargement di Cafe Orange?
6.      Apa saja job enrichment di Cafe Orange?
7.      Apa saja job characteristics yang memotivasi pekerja?
8.      Bagaimana mekanisme rekrutmen dan seleksi pada Cafe Orange?

1.3         Tujuan

1.      Untuk mengetahui apa saja job description di Cafe Orange.
2.      Untuk mengetahui apa saja job specification di Cafe Orange.
3.      Untuk mengetahui apa saja job simplification di Cafe Orange.
4.      Untuk mengetahui apa saja job rotation di Cafe Oarnge.
5.      Untuk mengetahui apa saja job enlargement di Cafe Orange.
6.      Untuk mengetahui apa saja job enrichment di Cafe Orange.
7.      Untuk mengetahui apa saja job characteristic untuk memotivasi para pekerja.
8.      Untuk mengetahui bagaimana mekanisme rekrutmen dan seleksi di Cafe Orange.





















BAB II

PEMBAHASAN

A.    Job Description
Job description adalah uraian jabatan/gambaran tugas, fungsi, dan tanggung jawab dari suatu jabatan. Menurut Stone, 2005 Job description (deskripsi pekerjaan) atau deskripsi posisi adalah pernyataan tertulis yang menjelaskan mengapa pekerjaan ada, apa yang dilakukan pemegang pekerjaan sebenarnya, bagaimana mereka melakukannya dan dalam kondisi apa pekerjaan itu dilakukan.
Pada Orange Cafe juga terdapat job description untuk memperjelas tugas, fungsi, dan tanggung jawab setiap posisi. Berikut hasil yang kami dapatkan setelah melakukan wawancara kepada salah satu pihak Orange Cafe.
·         Waiter
o   Fungsi : Untuk memberikan pelayanan dengan sopan dan efisien kepada para tamu sesuai dengan standard layanan dan prosedur yang sudah ditentukan oleh manajemen.
o   Tanggung jawab :
a.       Menyajikan makanan dan minuman dengan cara yang efisien dan sopan untuk mendapatkan kepuasan tamu atau pelanggam secara maksimum.
b.      Memastikan kebersihan semua fasilitas.
c.       Mengatur dan memyajikan makanan dan minuman sesuai dengan fungsi dan arahan.
o   Tugas :
a.       Melakukan persiapan area restoran di pagi hari.
b.      Memakai seragam yang sudah ditentukan dalam keadaan bersih dan lengkap.
c.       Membersihkan area restoran dan memastikan layak untuk memulai operasional.
d.      Melayani tamu dengan baik dan benar, mulai dari tamu duduk di kursi yang dipilih sampai dengan tamu pulang.
e.       Mematuhi S.O.P yang berlaku.
·         Chef
o   Fungsi: Mengawasi jalannya operasional kitchen terutama pada saat restoran buka.
o   Tanggung Jawab: Bertanggung jawab atas segala sesuatu yang berhubungan dengan dapur dan area dari restoran. Seperti mengelola dapur dan menyusun menu.
o   Tugas:
a.       Melakukan kegiatan persiapan memasak sesuai dengan kebutuhan restoran.
b.      Memeriksa stock dan kelayakan bahan baku yang tersedia.
c.       Menjaga kebersihan area dapur.
d.      Membuat makanan sesuai dengan S.O.P resep yang telah ditentukan.
e.       Melakukan kegiatan tutup restoran pada malam hari. Termasuk kegiatan kebersihan dan memastikan bahwa semua alat-alat yang dipakai dikembalikan ke tempatnya.
·         Cashier
o   Fungsi: Melayani dan melakukan perhitungan atas transaksi yang dilakukan.
o   Tanggung jawab:
a.       Bertanggung jawab melakukan pengecekkan atas jumlah barang pada saat penerimaan barang.
b.      Bertanggung jawab atas pencatatan semua transaksi.
o  Tugas:
a.       Menghitung uang modal dan kembalian.
b.      Memberikan update sold out item pada sistem.
c.       Memeriksa ketersediaan kertas thermal untuk printer dan mesin edc.
d.      Membuat laporan kegiatan transaksi keuangan restoran.
e.       Menjaga kebersihan area kasir.
·         Barista
o  Fungsi: Untuk menarik perhatian tamu/pelanggan agar mereka tertarik untuk membeli minuman.
o  Tanggung jawab:
a.       Membuat minuman sesuai dengan standard resep.
b.      Membuat minuman sesuai dengan orderan pelanggan dengan service procedure yang telah ditetapkan.
o  Tugas:
a.       Melakukan kegiatan buka restoran dan persiapan membuat minuman.
b.      Memeriksa stcok dan kelayakan bahan baku.
c.       Membuat minuman sesuai dengan S.O.P resep yang telah ditentukan.
d.      Menjaga kebersihan area bar.
e.       Melakukan kegiatan tutup restoran pada malam hari. Termasuk kegiatan kebersihan dan memastikan semua alat diletakan ke tempat asalnya.

B.     Job Specification.
Job specificationadalah suatu uraian tertulis tentang latar belakang pendidikan, pengalaman, kemampuan dan kompetensi atau hal-hal lain yang berhubungan dengan pekerjaan yang harus dimiliki sebelum mengisi pemegang jabatan/job tertentu. Pada Orange Cafe memiliki job specification untuk mendapatkan SDM yang berkualitas. Berikut job specification untuk beberapa jabatan di Orange Cafe:
·         Waiter
o   Pendidikan: Minimal lulusan SMA/SMK sederajat.
o   Pengalaman: Memiliki pengalaman bekerja minimal 3 bulan di bidang yang sesuai.
o   Kualifikasi khusus:
a.       Berpenampilan menarik.
b.      Mampu berkomunikasi dengan baik.
c.       Ramah, sopan, dan santun.
·         Chef
o   Pendidikan: Minimal lulusan SMA/SMK sederjat.
o   Pengalaman: Memiliki pengalaman bekerja 3 bulan di bidang yang sesuai.
o   Kualifikasi khusus:
a.       Memiliki kemampuan komunikasi yang baik.
b.      Mampu bekerja sama, disiplin, loyal, dan jujur.
c.       Memiliki kreativitas dalam hal palting.
·         Cashier
o   Pendidikan: Minimal lulusan SMA/SMK sederajat.
o   Pengalaman: Memiliki pengalaman bekerja minimal 3 bulan di bidang yang sesuai.
o   Kualifikasi khusus:
a.       Menguasai manajemen kas.
b.      Mampu berhitung dengan baik.
c.       Menguasai Ms. Word dan Ms. Excel.
·         Barista
o   Pendidikan: Minimal lulusan SMA/SMK sederajat.
o   Pengalaman: Memiliki pengalaman bekerja minimal 3 bulan di bidang yang sesuai.
o   Kualifikasi khusus:
a.       Berpenampilan menarik.
b.      Memiliki kreativitas dalam menyajikan minuman.

C.     Job Simplification
Job simplification adalah penentuan standard prosedur kerja dan memperkerjakan karyawan pada tugas-tugas yang sangat jelas dan spesifik.

D.    Job Rotation
Job rotation adalah memindahkan pekerjaan seseorang agar memperkaya pengalaman karyawan dan menghindari dari kebosanan. Di Orange Cafe terdapat job rotation. Biasanya dilakukan ketika salah satu posisi memerlukan tambahan pekerja. Sebagai contoh kasus ketika ada pekerja bagian dapur yang keluar, perusahaan membutuhan seseorang yang dapat menggantikan posisi tersebut. Akhirnya seorang waiter yang memiliki keahlian di dapur dipindahkan ke posisi chef. Selain itu ada juga yang dirotasi dari waiter ke bar atau waiter ke kasir.

E.     Job Enlargement
Job enlargement adalah Sebuah teknik desain pekerjaan di mana jumlah tugas yang berhubungan dengan pekerjaan meningkat (dan pelatihan yang tepat diberikan) untuk menambah variasi yang lebih besar untuk kegiatan, sehingga mengurangi kemonotonan pekerja.Perluasan kerja dianggap sebagai metode restrukturisasi horisontal dalam pekerjaan yang diperbesar dengan menambahkan tugas-tugas terkait. Perluasan kerja juga dapat mengakibatkan fleksibilitas tenaga kerja yang lebih besar. Untuk saat itu di Orange Cafe sedang melakukan job enlargement dimana ada beberapa pekerja yang mempunyai tugas ganda. Seperti kasir yang mencangkup menjadi waiter atau waiter yang mencangkup menjadi barista setelah dilakukan pelatihan khusus.

F.      Job Enrichment
Job enrichment adalahmemperluas rancangan tugas untuk memberi arti lebih dan memberikan kepuasan kerja dengan cara melibatkan pekerja dengan pekerjaan perencanaan, penyelenggaraan organisasi dan pengawasan pekerjaan sehingga job enrichment bertujuan untuk menambah tanggung jawab dalam pengambilan keputusan, menambah hak otonomi dan wewenang merancang pekerjaan dan memperluas wawasan kerja. Orange Cafe menerapkan job enrichment. Sebagai contoh seorang waiter menjadi captain waiter. Captain waiter bertugas untuk membagi jadwal shift dan pembagian waktu istirahat untuk bawahannya. Dan bertanggung jawab langsung kepada manajer Orange Cafe.

G.    Job Characteristic Untuk Memotivasi Pekerja
Karakteristik pekerjaan adalah sebuah pendekatan dalam merancang pekerjaan yang menunjukkan bagaimana pekerjaan dideskripsikan ke dalam lima dimensi inti yaitu keanekaragaman keterampilan, jati diri tugas, tugas yang penting, otonomi dan umpan balik (Robbins dan Judge, 2007:268). Ada lima ciri-ciri intrinsik pekerjaan yang memperlihatkan kaitannya dengan kepuasan kerja untuk berbagai macam pekerjaan. Kelima ciri intrinsik tersebut adalah sebagai berikut.
a.       Keragaman ketrampilan (skill variety)
Banyaknya keterampilan yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan. Makin banyak ragam keterampilan yang digunakan, makin kurang membosankan pekerjaan. Contoh di cafe orange adalah rotasi pekerjaan dari kasir ke kitchen, waiter ke bar, atau waiter ke kasir agar karyawan dapat mengasah kembali keterampilan dalam bekerja dan membuka wawasan atau pengalaman baru bagi karyawan.
b.      Jati diri Tugas (task identity)
Tingkat sejauh mana penyelesaian pekerjaan secara keseluruhan dapatdilihat hasilnya dan dapat dikenali sebagai hasil kinerja seseorang. Tugas yang dirasakan sebagai bagian dari pekerjaan yang lebih besar dan yang dirasakan tidak merupakan satu kelengkapan tersendiri menimbulkan rasa tidak puas.
c.       Tugas yang penting (task significance)
Tingkat sejauh mana pekerjaan mempunyai dampak yang berarti bagi kehidupan orang lain, baik orang tersebut merupakan rekan sekerja dalam suatu perusahaan yang sama maupun orang lain di lingkungan sekitar. Jika tugas dirasakan penting dan berarti oleh tenaga kerja, maka ia cenderung mempunyai kepuasan kerja. Karakteristik ini belum diterapkan oleh cafe orange
d.      Otonomi
Tingkat kebebasan pemegang kerja, yang mempunyai pengertian ketidaktergantungan dan keleluasaan yang diperlukan untuk menjadwalkan pekerjaan dan memutuskan prosedur apa yang akan digunakan untuk menyelesaikannya. Pekerjaan yang memberi kebebasan, ketidaktergantungan dan peluang mengambil keputusan akan lebih cepat menimbulkan kepuasan kerja. Karakteristik ini diterapkan di cafe orange dengan cara kebebasan berbicara bagi pegawai dan tidak adanya batasan antara manajer dengan karyawan.
e.       Umpan balik
Tingkat kinerja kegiatan kerja dalam memperoleh informasi tentang keefektifan kegiatannya. Pemberian balikan pada pekerjaan membantu meningkatkan tingkat kepuasan. Contoh yang diterapkan di cafe orange adalah dengan memberikan bonus sebesar 10% dari hasil penjualan per bulan untuk karyawan agar termotivasi untuk bekerja lebih giat dan rajin.

H.    Mekanisme Rekrutmen dan Seleksi
-          Mekanisme Rekrutmen di Orange Cafe.
1.      Mengidnetifikasi jabatan yang kosong.
Tujuannya untuk mengetahui jabatan yang kosong dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan pada cafe orange.
2.      Mencari informasi jabatan melalui analisi jabatan.
Mencari informasi jabatan yang kosong di cafe orange lalu melihat job description dan job spessification sebagai landasan persyaratan jabatan.


3.      Menentukan calon yang tepat.
Jika persyaratan lengkap selanjutnya menentukan tempat calon karyawan yang tepat yang harus dicari. Calon karyawan bisa melalui dalam prusahaan cafe orange maupun luar perusahaan cafe orange jika dari dalam maka karyawan yang lama akan dipromosikan tetapi pada luar perusahaan cafe orange maka akan di lakukan rekrutmen.
4.      Memanggil calon yang dianggap memenuhi persyaratan jabatan
o   Memanggil calon karyawan cafe orange
o   Mengumpulkan berkas lamaran
o   Mengisi formulir lamaran
o   Mengikuti proses seleksi
5.      Menyaring dan menyeleksi calon karyawan
6.      Mulai bekerja
Seminggu pertama karyawan bekerja sebagai karyawan tranning, satu minggu setelahnya mereka diangkat menjadi karyawan tetap.
-          Mekanisme Seleksi
1.      Penerimaan
Seleksi dimulai dengan kunjungan calon karyawan ke Orange Cafe dan selanjutnya diperiksa berkas-berkas informasi lamaran.
2.      Wawancara
3.      Tes Penerimaan
Tes langsung dilakukan untuk mengetahui apakah calon pekerja benar-benar terampil dalam bidangnya atau tidak.
4.      Keputusan Penerimaan
Ketika karyawan dinyatakan lolos seleksi tidak langsung menjadi karyawan tetap melainkan menjadi karyawan traning selama seminggu terlebih dahulu.
5.      Evaluasi
Karyawan traning tersebut akan dievaluasi kinerjanya selama seminggu. Jika hasilnya memuaskan, akan diangkat menjadi karyawan tetap. Selain itu, evaluasi juga dilakukan untuk karyawan tetap lainnya untuk memaksimalkan produktivitas kerja.






























No comments:

Post a Comment